Tips Merawat Kulkas Agar Hemat Dan Awet

Kulkas hemat energi merupakan primadona para ibu untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet. Pasalnya kehadiran kulkas sangat membantu dalam menyiapkan makanan yang terbaik untuk keluarga. Selain itu, berbelanja dengan jumlah banyak akan semakin menghemat pengeluaran yang tentunya membutuhkan tempat penyimpanan khusus agar tetap segar. 

Alat elektronik sebagai pendingin harus selalu dalam keadaan menyala, oleh karena itu sangat penting untuk memilih produk yang hemat energi. Selain itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kulkas menjadi lebih awet dan hemat. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  1. Pilih Kulkas Yang Tepat 

Jika sedang mencari kulkas baru , sebaiknya pilihlah lemari es dengan sensor econavi dengan inverter. Sensor ini akan menganalisis dan menjaga pendinginan yang ideal di dalam ruangannya agar bahan makanan tetap segar. Selain itu juga akan menghindari pemborosan energi, lebih mudah dibersihkan, dan meningkatkan higienis di dalam rak. 

  1. Selalu Tutup Rapat Pintu Kulkas

Sebagian orang sering membiarkan pintu kulkas menutup dengan sendirinya setelah mengambil minuman. Padahal hal itu bukan berarti kulkas telah tertutup rapat, masih ada sedikit celah di mana udara dapat keluar. Ini bisa membuat komponen bekerja lebih keras dalam mendinginkan dan tentunya akan menggunakan listrik yang lebih banyak. 

  1. Isi Kulkas Sesuai Dengan Kapasitas 

Ketika akan belanja, sebaiknya lihat dulu ke dalam kulkas, apakah memang perlu stok besar atau tidak. Jangan sampai mengisi rak melebihi kapasitasnya, selain akan merusak, juga akan mengurangi sirkulasi udara di dalamnya sehingga kurang dingin. Hindari pula menyimpan botol berat di pintu yang akan membuatnya cepat rusak. 

  1. Jangan Membuka Kulkas Saat Terjadi Pemadaman Listrik

 Ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, usahakan untuk tidak membuka kulkas hingga listrik kembali menyala. Hal ini agar udara di dalam tetap dingin dan makanan atau minuman tetap segar dan baik. Jika memang sangat membutuhkan sesuatu, jangan terlalu sering membuka pintu, dan jaga agar tetap rapat. 

Sistem yang pintar ini ada dalam Panasonic, kulkas hemat energi, dengan performa lebih efisien, awet, dan tentunya sehat. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kulkas secara berkala sebelum mengisinya kembali dengan stok kebutuhan keluarga. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *