Sebelum Beli, Lakukan Dulu Simulasi Kredit Mobil agar Tak Kecewa

Ketika seseorang membeli sebuah mobil, seringkali ia lupa melakukan simulasi kredit mobil sehingga ketika jumlah tagihan yang harus dibayarkan keluar, mereka malah marah-marah dan kecewa karena harganya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, mencoba menghitung berapa biaya kredit mobil yang harus dibayar itu penting sebelum membeli. Ini caranya!

Cara Menghitung Kredit Mobil Toyota

Jika dilakukan secara manual, sebenarnya ada banyak hal yang harus Anda perhitungkan. Namun jangan takut, cara perhitungannya cukup sederhana, kok! Secara garis besar, ada beberapa hal yang harus Anda hitung 5 faktor yang berkaitan dengan perhitungan kredit tersebut. Faktor itu terdiri dari beberapa hal berikut ini!

  1. Uang Muka

Tarif uang muka yang dikenakan biasanya minimal 25% dari harga mobil tersebut. Jadi, bila semisal harga utama mobil yang akan Anda beli adalah 200 juta rupiah, maka tinggal kalikan saja 25%. Nantinya, akan didapat biaya yang harus Anda keluarkan untuk uang muka. Dalam hal ini, Anda harus membayar uang muka sebesar 50 juta rupiah untuk mobil tersebut.

  1. Pokok Kredit

Lalu, Anda juga harus membayar uang pokok kredit untuk cicilan berbulan-bulan berikutnya. Berapa besaran pokok kredit yang harus Anda bayarkan? Cara menghitungnya sederhana. Cukup kurangkan berapa harga utama mobil tersebut dengan uang muka. Bila harga mobilnya 200 juta, maka pokok kreditnya tentu saja adalah 150 juta karena DP sebsar 50 juta.

  1. Bunga per Bulan

Anda harus ingat, ketika membeli mobil atau motor dengan cara kredit, Anda akan dikenakan bunga. Bunga ini besarannya berbeda-beda untuk setiap tempat. Untuk mobil keluaran Toyota Astra, besaran bunga yang harus Anda bayarkan adalah sekitar 5% dari harga mobil tersebut per tahunnya.

Cara menghitungnya adalah pokok kredit dikalikan persentasi bunga sesuai tenor dalam jangka satu tahun lalu dibagi dengan berapa jumlah tenor dalam bulan yang Anda pilih. Untuk mobil dengan harga 200 juta, maka 150 juta dikalikan 5% x dua tahun. Setelah itu, bagi lagi 12 bulan. Hasilnya adalah Rp625.000,- per bulan.

  1. Jumlah Cicilan per Bulan

Untuk melanjutkan simulasi kredit mobil dengan pembayaran bulanan, Anda harus melanjutkan seberapa besar jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan selama sebulannya. Untuk menghitung ini sebenarnya lebih muda. Anda hanya perlu membagi pokok kredit dengan jumlah tenor dalam bulan yang Anda ambil.

Setelah itu, tinggal tambah jumlah bunga yang harus dibayarkan per bulannya. Jika harga mobil itu adalah 200 juta dengan pokok kredit adalah 150 juta, maka 150 dibagi 24 bulan dan ditambah dengan Rp625.000,-. Hasilnya, dalam sebulan Anda harus membayar Rp6.875.000,-. Ini bukan harga final karena masih dipengaruhi dengan asuransi dan lainnya.

  1. Tarif Asuransi dan Biaya Administrasi

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, biaya yang telah Anda hitung untuk jumlah cicilan per bulan belum final. Pasalnya, biaya tersebut masih harus ditambahkan dengan biaya asuransi dan adminsitrasi. Untuk tarif ini, biasanya dibayarkan di awal alias digabung ketika Anda membayar DP.

Namun, untuk premi asuransi yang sudah Anda pilih, akan digabung dengan total bayar Anda pertama atau bisa juga dimasukkan dalam hutang pokok yang akan dicicil per bulan. Oleh sebab itu perhitungan Anda masih bisa meleset meski jumlahnya tidak terlalu besar.

Nah, apa Anda sudah melakukan simulasi kredit mobil Toyota sebelum membeli salah satu mobil yang Anda inginkan? Jika iya dan harganya pas di kantong Anda, kunjungilah dealer Toyota Astra terdekat di kota Anda sekarang juga dan pilih mobil yang Anda mau!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *