Menjelang Pilpres, Ini Berita Politik Paling Ramai Dibicarakan

Menjelang pemilihan umum dan pemilihan presiden di tanggal 17 April 2019 nanti, banyak berseliweran berita politik tentang apa yang terjadi saat ini. Ada beberapa berita yang jadi fokus utama banyak masyarakat. Nah, bagi Anda yang belum tahu, ini dia beberapa berita dengan basis politik yang paling hot dan ramai dibicarakan menjelang pemilihan presiden!

  1. Hasil Debat Keempat – Prabowo Dianggap Melecehkan dan Merendahkan TNI

Pernyataan Prabowo Subianto yang mentatakan bahwa dia lebih TNI dari kebanyakan TNI pada debat Sabtu, 30 Maret 2019 lalu ternyata mengundah banyak perhatian. Pernyataan singkat itu dipersoalkan karena Prabowo menganggap dirinya lebih tinggi dari semua tentara dan hal itu dianggap tidak etis apalagi diucapkan di debat yang ditonton banyak orang.

Efek samping dari ucapan itu, Prabowo secara tak langsung membuat para tentara baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun kehilangan rasa hormat kepadanya. Banyak komentar yang berseliweran di dunia maya yang mengatakan kenyataan bahwa sebenarnya beliau diberhentikan dari TNI.

  1. Fatwa Golput Haram

MUI memang sudah mengeluarkan fatwa bahwa menjadi golongan putih atau golput di pemilihan umum 2019 ini adalah haram. Namun, berkat fatwa tersebut, banyak orang yang berpendapat bahwa dikeluarkannya fatwa itu dikarenakan ketua MUI non aktif, Ma’ruf Amin sedang mencalonkan diri sebagai cawapres 2019 ini.

Hal itu tentunya ditampik oleh Ketua MUI bidang fatwa, Huzaemah T Yanggo yang menegaskan bahwa keluarnya fatwa haram itu sama sekali tak ada hubungannya dengan Ma’ruf Amin. Beliau juga mengatakan fatwa itu juga tak ada hubungannya dengan partai apapun.

Menurut penuturannya, fatwa haram golpun dikeluarkan sudah lama lewat Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia yang dilakukan di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat pada tahun 2009 lalu.

  1. KPU Tak Akan Undang Penonton Pembuat Gaduh

Berita politik paling banyak dibicarakan selanjutnya adalah mengenai penonton gaduh di debat pilpres keempat yang berlangsung di tanggal 30 Maret 2019 lalu. Kini, KPU sudah memutuskan bahwa tak akan mengundang penonton pembuat gaduh, baik itu pendukung dari pasangan calon nomor 1 ataupun nomor dua di debat kelima pada 13 April 2019 nanti.

KPU juga sudah mencatat siapa saja yang tak akan diundang dalam debat kelima nanti. Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran komite damai dan Bawaslu yang mana penonton di lokasi debat tak boleh melakukan provokasi dan mengomentari saat kandidat berbicara di panggung.

  1. Pemilihan Wagub DKI Sengaja Diundur Hingga Hasil Pilpres

Sedikit melenceng dari pilpres 2019, berita kali ini berhubungan dengan pemilihan wagub DKI Jakarta yang sampai saat ini sama sekali belum dilakukan semenjak Sandiaga Uno mundur dari jabatan tersebut. Menurut Direktur Esksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, DPR Jakarta memang sengaja mengundur hal itu sampai pilpres selesai.

Padahal, Anies Baswedan selaku Gubernur Jakarta juga sudah meminta DPR DKI untuk mempercepat pemilihan wagub karena keberadaannya dinilai sangat dibutuhkan untuk membantu beban kerjanya. Walau sebelumnya nama calon wagub pengganti Sandiaga sudah keluar dan Anies juga sudah menyetujui, namun pihak DPR DKI tetap belum memutuskan.

Nah, itulah beberapa berita politik yang hot dan ramai dibicarakan akhir-akhir ini menjelang pilpres 2019. Semua berita soal politik yang masuk memang menarik untuk diikuti. Namun, tentunya Anda juga harus pintar dalam menyaring berita mana yang bisa diterima oleh akal sehat dan mana yang tidak sehingga Anda bisa memilih mana yang benar dan tidak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *