Ketahui Jenis-jenis Dan Cara Memasang Dasi Yang Benar Agar Tampil Keren

Salah satu aksesoris atau pelengkap busana yang sering digunakan adalah dasi. Seiring perkembangan fashion, dasi dibuat dengan berbagai bentuk sehingga perlu pengetahuan dan kejelian memilih jenis dasi seperti apa yang tepat dipadupadankan dengan busana yang dikenakan. Pada sebagian jenis dasi, ada yang perlu teknik khusus ketika hendak memakainya. Bagi yang tidak terbiasa memakai dasi, mungkin akan sedikit kesulitan. Nah, pada artikel ini, akan diberikan sedikit informasi mengenai cara memasang dasi  yang benar agar terlihat keren serta jenis-jenis dasi apa saja yang biasa digunakan.

1.       Cara Memasang Dasi

Untuk penjelasan cara memasang dasi berikut ini menggunakan dasi panjang yang biasanya sering digunakan oleh karyawan kantor. Tentunya tidak asing lagi dengan jenis dasi seperti ini. Mari simak uraian tata cara pemasangan dasi yang benar.

  • Angkat kerah kemeja yang dipakai ke bagian atas untuk memudahkan peletakkan dasi
  • Kalungkan dasi pada bagian kerah leher hingga bagian ujung-ujung dasi berada pada bagian depan atau sekitar dada dan perut
  • Posisikan ujung bagian dasi yang lebar lebih tinggi sekitar 30 cm dibandingkan dengan ujung dasi yang kecil
  • Lakukan posisi silang pada kedua bagian dasi
  • Tarik bagian ujung dasi yang lebar mengarah ke bagian posisi belakang lalu arahkan ke kanan dan putar
  • Setelah itu arahkan sekali lagi ke bagian ujung lainnya
  • Tarik bagian ujung dasi yang lebar mengarah ke bawah melewati ikatan yang ada dibagian depan dasi
  • Kencangkan serta atur posisi dasi agar lebih rapi

2.       Jenis-jenis Dasi

Setelah memahami bagaimana cara memasang dasi, maka perhatikan pula beberapa jenis dasi yang sering digunakan. Hal ini perlu diketahui untuk menentukan dasi yang tepat sesuai dengan busana yang dipakai agar tampilannya matching.

Four In Hand Necktie

Jenis dasi ini adalah dasi yang sering dipakai banyak orang, baik saat bekerja, acara formal, pertemuan dan lainnya. Memiliki warna, motif dan ukuran yang beragam sehingga bisa dengan mudah disesuaikan dengan banyak jenis pakaian. Namun, umumnya paling sering dikenakan bersama setelah jas, kemeja polos dan celana kain.

Dasi Kupu-kupu

Dasi kupu-kupu disebut juga dengan bowtie, disebut demikian karena memang bentuknya yang menyerupai kupu-kupu. Jenis dasi seperti ini banyak dikenakan oleh pekerja di restoran seperti misalnya pramusaji. Pada sebagian orang, adapula yang cukup “berani” mengenakan dasi kupu-kupu sebagai tambahan style berbusana agar terlihat unik dan casual. Untuk bisa mengenakan dasi kupu-kupu tidaklah sulit, adanya bagian tali karet pada dasi membuatnya hanya cukup dilingkarkan pada kerah baju maka sudah terpasang dengan baik.

Cravat

Jika sebagian jenis dasi harus ditampakkan ketika dipakai, maka jenis dasi cravat ini cukup berbeda. Saat dikenakan, hampir sebagian dasinya tertutup dan hanya bagian lainnya yang dperlihatkan terutama bagian atas dasi. Ya, penggunaannya memang unik karena memasukkan bagian ujung bawah dasi ke dalam baju sehingga hanya sedikit bagian yang terlihat. Jenis dasi ini pas dikenakan untuk menghadiri acara formal seperti pesta atau saat kencan bersama pasangan. Namun, untuk kegiatan bekerja dikantor, rasanya kurang cocok. So, hati-hati memilih jenis dasi yang tepat!

Semoga saja dengan sedikit ulasan di atas tadi mengenai cara memasang dan beberapa jenis dasi, dapat menjadi tambahan informasi bagi anda khususnya dalam dunia fashion.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *