Kegunaan iPhone yang ada NFC serta Cara Menggunakannya

Untuk memudahkan kehidupan manusia, saat ini sudah banyak sekali dikembangkan teknologi-teknologi terbaru. NFC salah satunya. Umumnya NFC merupakan suatu sistem yang digunakan agar dua perangkat dapat berkomunikasi. Namun di pengembangan selanjutnya, NFC ternyata memiliki kegunaan lain yang tak kalah hebat. Tak heran jika iPhone yang ada NFC mulai menjadi incaran.

Hal inilah yang menjadikan banyak masyarakat beralih menggunakan iPhone yang telah terintegrasi dengan NFC. Selain lebih mudah, adanya NFC tentu menghadirkan berbagai kenyamanan yang lebih. Lalu apa saja kegunaan NFC serta seri iPhone apa saja yang telah terintegrasi dengan sistem tersebut? simak ulasannya berikut ini

Pengertian NFC dan Kegunaannya

Apa itu NFC? NFC merupakan singkatan dari Near Field communication yang dapat menciptakan komunikasi antar dua jenis perangkat dengan cara mendekatkannya hingga berada pada jarak tertentu. Fungsinya hampir sama seperti Bluetooth, namun kecepatannya lebih tinggi dan dapat menghemat daya lebih besar. Beberapa kegunaan NFC antara lain:

 

  • Sebagai Alat Pembayaran Elektronik

 

Saat ini teknologi NFC di iPhone sudah banyak digunakan untuk melakukan pembayaran digital.  Anda tidak perlu lagi membawa uang tanai atau berbagai kartu atam atau debit ketika belanja. 

Cukup dengan membawa iPhone yang ada NFC dan telah dihubungkan dengan Goggle Wallet atau Paypass dari MasterCard, maka proses pembayaran bisa langsung dilakukan. Proses pembayarannya juga sangat mudah karena hanya tinggal ditempelkan layaknya e-toll.

 

  • Menambah Kunci Keamanan

 

Selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran, NFC juga bisa digunakan untuk menambah keamanan kunci mobil dan rumah. Saat ini sudah banyak perusahaan luar negeri yang mengembangkan kunci mobil dan rumah yang diintegrasikan dengan NFC di iPhone sehingga keamanannya lebih terjamin.

 

 

  • Sebagai Alat Pengirim Data

 

Layaknya Bluetooth, NFC juga bisa digunakan untuk mengirim data baik kontak, gambar, dan lain-lain. Caranya juga lebih mudah dibandingkan dengan bluetooth. Cukup dengan menempelkannya ke perangkat lain, maka data sudah bisa langsung ditransfer dengan cepat.

Pilihan Jenis iPhone dengan NFC

Banyaknya keunggulan dan kemudahan yang dihadirkan oleh NFC, menjadikan tak sedikit orang yang melirik tipe-tipe iPhone apa saja yang menghadirkan fitur ini. Untuk lebih mudah, berikut akan diberikan penjelasan beberapa jenis iPhone yang ada NFC.

  1. Apple iPhone 6
  2. Apple iPhone 6 Plus
  3. Apple iPhone 7 Plus
  4. Apple iPhone 7
  5. Apple iPhone 8
  6. Apple iPhone X
  7. Apple iPhone XR

Bagaimana Cara Menggunakan NFC di iPhone?

Cara menggunakan NFC di iPhone juga tidak sesulit yang dibayangkan. Namun pastikan bahwa iOS iPhone Anda merupakan seri terbaru. Selain itu pastikan juga bahwa NFC yang akan dibaca berformat NDEF (NFC Data Exchabe Format) karena selain itu, NFC tidak akan terbaca oleh iPhone. Jika ingin menambahkan aplikasi pihak ketiga juga bisa dilakukan dengan menggunakan NFC Reader for iPhone.

Untuk menggunakan NFC di iPhone baik sebagai alat pan, kunci keamanan, ataupun transfer data juga cukup mudah. Anda hanya tinggal mengintegrasikannya saja . Adanya NFC tentu menjadi kabar baik karena dapat digunakan untuk mempermudah berbagai aktivitas manusia. Selain lebih praktis, NFC yang terpasang di iPhone juga dapat memberikan kenyamanan. 

Di JD.ID, Anda bisa menemukan banyak produk iPhone yang ada NFC dengan harga iphone terbaru yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan melimpahnya voucher belanja serta potongan diskon yang diberikan. Ayo belanja sekarang juga agar bisa dapatkan iPhone lebih hemat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *