Fase – Fase dalam Siklus Menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang dialami oleh perempuan yang telah mengalami pubertas. Menstruasi atau biasa juga disebut haid adalah suatu proses keluarnya darah dari vagina akibat peluruhan dinding rahim yang menebal karena sel telur yang tidak dibuahi. Penebalan dinding rahim merupakan persiapan untuk terjadinya kehamilan. Namun, bila tidak terjadi, maka dinding rahim akan luruh.

1. Fase Pertama

Pada hari-hari awal ketika Anda mengalami menstruasi atau haid pastinya Anda akan merasakan nyeri pada bagian perut bawah. Pernahkah timbul pertanyaan “Nyeri Haid Pertama Adalah Hal yang Normal? Apa Penyebabnya?” dalam benak Anda? Jika iya, jangan khawatir karena hal tersebut merupakan hal yang wajar dan terjadi pada fase pertama siklus menstruasi. 

Fase ini adalah fase menstruasi yang biasanya berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Nyeri yang Anda rasakan disebabkan oleh adanya kontraksi dalam rahim. Kontraksi ini menyebabkan suplai oksigen ke rahim menjadi terhambat sehingga Anda akan merasakan nyeri haid pada perut Anda. Namun ternyata kontraksi ini akan meluruhkan lapisan dinding rahim yang menjadi darah menstruasi. 

2. Fase Kedua

Fase ini merupakan fase pra ovulasi dan ovulasi dimana dinding rahim yang telah mengalami peluruhan akan kembali menebal. Dalam proses penebalan kembali ini, lapisan dinding rahim masih terbilang cukup tipis sehingga sperma dapat melewatinya dengan mudah dan dapat bertahan selama 3 hingga 5 hari. Fase ini juga disebut dengan fase subur.

3. Fase Ketiga

Fase ketiga adalah pra menstruasi dimana pada fase ini dinding rahim akan kembali menebal. Hal ini dipicu oleh meningkatnya hormon progesteron. Ketika tidak terjadi pembuahan, saat inilah Anda akan merasakan gejala PMS atau Pra Menstruasi Syndrome. Anda akan merasakan perubahan emosi yang signifikan, semakin sensitif, dan juga terdapat adanya perubahan fisik.

Perubahan fisik dapat berupa pusing, kembung, cepat lelah, serta nyeri pada payudara. Kemudian fase ini akan kembali ke fase menstruasi bila tidak terjadi pembuahan.

Ternyata, nyeri saat hari-hari awal haid merupakan hal yang normal-normal saja. Namun jika Anda dirasa tidak kuat menahan nyeri tersebut, Anda dapat beli pad terapi hangat. Jika nyeri tak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter obsgyn. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *