Cara Merawat Rambut Rusak yang Praktis agar Kembali Sehat

Banyak hal yang menyebabkan rambut rusak. Terlepas dari apapun penyebabnya, Anda harus memahami kondisi rambut yang mulai rusak, tidak seperti sebelumnya. Timbulnya berbagai persoalan rambut ini harus segera ditangani dengan baik agar kembali sehat. Berbagai cara merawat rambut rusak ini dapat membantu mengembalikan kondisi rambut yang sehat dan kuat.

  1. Memilih Sampo yang Cocok

Sampo yang berfungsi membersihkan rambut berperan mengembalikan kesehatan rambut. Dalam kasus rambut rusak, diharapkan memilih sampo yang berlabel moisturizing agar mampu menjaga kelembaban rambut. Rambut yang terjaga kelembabannya akan menjaga rambut tetap terhidrasi dan tidak akan kering atau kusam. Rambut akan lebih lembut dan mudah diatur.

Menggunakan sampo yang cocok juga mampu mengatasi persoalan rambut rusak. Anda bisa menyesuaikan kondisi rambut dengan jenis sampo yang dipakai. Sebagai contoh, Anda punya rambut kering dan mudah rontok, maka gunakan sampo dengan formula khusus untuk rambut rontok. Dengan demikian, penanganan rambut rusak tersebut akan sesuai.

  1. Memberikan Perlindungan Ekstra

Perlindungan ekstra sangat diharapkan untuk mengatasi, bahkan mencegah rambut rusak. Rambut rusak akan kembali sehat apabila mendapatkan perlindungan dari beberapa hal. Anda harus memperhatikan perlakuan ke rambut dalam kesehariannya.

Gunakan kondisioner setelah keramas untuk membuat rambut tetap lembut karena terjaga kelembabannya. Jangan lupa gunakan vitamin rambut untuk menutrisi rambut agar kembali sehat. vitamin rambut akan meregenerasi rambut yang rusak. Kesehatan rambut juga akan kembali normal.

  1. Mengatur Frekuensi Keramas

Keramas memang sangat baik dan harus dilakukan secara rutin. Akan tetapi, bukan berarti harus keramas setiap hari demi agar rambut tetap sehat dan harum. Terlalu sering keramas justru akan mengurangi kelembaban rambut, sehingga membuatnya kering dan rapuh.

Oleh karena itu, aturlah waktu keramas, terlebih jika mempunyai rambut rusak. Salah satu cara merawat rambut yang sudah rusak adalah dengan memakai dry shampoo yang membantu menyerap minyak serta menghilangkan bau pada rambut, sehingga tetap terasa segar seolah sehabis keramas.

  1. Memberikan Vitamin Rambut

Vitamin rambut termasuk sebuah perlindungan ekstra untuk rambut yang sudah dibahas pada poin sebelumnya. Dalam pembahasan lebih lanjut, vitamin rambut ini merupakan suatu suplemen yang menutrisi rambut agar tetap sehat dan kuat. Rambut yang rusak bisa kembali sehat dengan pemberian vitamin ini.

  1. Melindungi Rambut dari Alat Styling Rambut

Panas yang berasal dari alat styling rambut sangat berpotensi menyebabkan rambut rusak. Kondisinya akan kering, bercabang, mudah rontok, dan sebagainya. Anda harus memperhatikan perlakuan terhadap rambut. Diperlukan perlindungan rambut dari panas tersebut.

Caranya adalah dengan memakai hair protection spray ketika rambut basah yaitu sebelum mengeringkan rambut setelah keramas. Dengan demikian, panas dari hair dryer tidak akan merusak rambut. Perlindungan dari spray tersebut juga melindungi rambut dari panas alat styling lainnya, ketika dipakai sebelum rambut mengalami treatment yang melibatkan panas alat styling.

  1. Menyisir Rambut dengan Lembut

Kondisi rambut rusak tentu harus diperlakukan dengan hati-hati. Anda harus menyisir rambut dengan lembut agar tidak bertambah rontok dan lebih cepat diatur. Menyisir rambut rusak dengan lembut juga akan mencegah banyaknya rambut yang rontok. Sesaat setelah keramas, sisirlah rambut terlebih dahulu dengan jari sekaligus menggunakan kondisioner sebagai pelicin rambut.

  1. Rutin Menggunakan Masker Rambut Alami

Masker rambut alami juga sangat dibutuhkan untuk menutrisi rambut agar tetap sehat dan kuat. Rambut yang hitam berkilau juga bisa diperoleh dengan masker rambut alami tersebut. Anda bisa menggunakan masker lidah buaya atau aloevera. Bahan lain yang bisa dijadikan masker adalah alpukat, pisang, ataupun campuran susu dan madu.

Menjaga kesehatan rambut harus rutin dilakukan. Berbagai cara merawat rambut rusak tersebut mampu mengatasi dan mencegah persoalan rambut. Rambut rusak bisa kembali normal dan lebih kuat. Anda tidak perlu cemas tentang kondisi rambut yang kering, kusam, rontok, bercabang, dan sebagainya. Berbagai kondisi tersebut bisa diatasi. Perawatan alami juga ampuh khasiatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *