Begini Cara Menghilangkan Sablon di Baju dengan Mudah dan Bersih

Lambat laun pakaian yang kita gunakan pasti akan mengalami yang namanya usang. Salah satu yang paling sering terjadi adalah sablon yang mengelupas. Tentunya hal ini akan kurang enak saat dilihat, solusi paling tepatnya adalah dengan membersihkannya. Cara menghilangkan sablon di baju tersebut sebenarnya juga cukup mudah.

Beberapa Cara Menghilangkan Sablon di Baju

Adanya sablon yang mulai luntur, atau mengelupas tentu akan membuat pakaian yang akan dikenakan menjadi kurang menari. Anda masih memiliki kesempatan untuk membuatnya tampak menarik lagi, yaitu dengan menghilangkan sablon tersebut, dengan begitu pakaian akan tampak bersih dan seperti baru.

Menghilangkan sablon di baju dapat dilakukan dengan beberapa metode. Bisa dengan menggunakan setrika, bensin, pelarut dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya simak beberapa ulasan tentang cara menghilangkan sablon di baju berikut.

1. Menggunakan Setrika

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan setrika. Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan lain, yaitu kain kering, gunting dan juga alkohol. Pertama, Anda siapkan baju yang ingin dihilangkan sablonannya. Lalu panaskan setrika selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Letakkan baju yang akan dihilangkan sablonannya dengan bagian gambar atau sablonan berada di atas. Masukkan kain kering yang tadi telah disiapkan kedalam baju, untuk lebih amannya gunakan kain yang sedikit lebih tebal. Lalu, tambahkan lagi kain kering di atas sablonan yang ingin dihilangkan, sehingga terdapat dua kain diantara sablonan yang akan dihilangkan.

Setelah setrika sudah panas, langsung saja tempelkan selama beberapa detik saja. Lalu ambil kain kering dan berikan alkohol pada bagian sablonan secara merata saat masih panas. Coba untuk angkat sablonan tersebut, pasti sablonan akan secara otomatis terangkat. Jika masih ada yang lengket, Anda bisa mengulanginya lagi dengan cara yang sama.

2. Menggunakan Bensin

Cara ini mungkin sudah umum dilakukan, karena bensin memang terkenal ampuh untuk menghilangkan sablonan di baju. Caranya sangat mudah sekali, Anda tinggal mengoleskan bensin pada bagian belakang sablonan, lalu diamkan sebentar. Setelah beberapa saat, cobalah untuk menarik sablonannya, Anda bisa menggunakan pisau untuk mempermudahnya.

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Selain untuk menghilangkan noda, ternyata pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan sablon pada baju. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan merendam baju ke dalam air yang sudah mengandung cairan pemutih. Tunggu beberapa saat, dan langsung saja kucek hingga bersih. Cara ini hanya bisa digunakan untuk baju yang berwarna putih saja.

4. Menggunakan Cairan M3

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan cairan M3. Cairan ini merupakan bahan kimia yang menyerupai tiner. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan cairan ini, gunakan sarung tangan plastik dan juga masker agar terhindar dari uap yang menyengat. Gunakan kain kering sebagai pelapis pakaian.

Caranya hampir sama dengan menggunakan setrika, Anda hanya perlu meletakkan baju dengan sablonan yang menghadap ke atas. Tambahkan kain kering dibalik sablonan agar tidak menembus ke bagian belakang baju. Lalu, usap menggunakan kain yang telah dibasahi dengan cairan M3 pada bagian sablonan.

Tunggu sampai cairan tersebut bereaksi, pada saat sudah mengkerut langsung saja kupas sablonan pada baju dengan menggunakan pisau dan kuku. Anda mungkin membutuhkan beberapa kali pengulangan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Berikut adalah beberapa tips cara menghilangkan sablon di baju. Anda bisa memilih salah satu cara yang paling efektif menurut Anda. Jangan lupa, setelah baju berhasil dihilangkan sablonannya, cuci terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan deterjen, agar bersih sempurna dan siap digunakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *