Bagaimana Prosedur Angioplasti? Inilah Manfaatnya untuk Penderita Arteri Koroner

Pernahkah mendengar istilah angioplasti sebagai tindakan medis? Tindakan ini sangat diperlukan untuk seseorang yang menderita arteri koroner. Untuk melakukan tindakan medis ini, diperlukan berbagai pemeriksaan medis lengkap mengenai kondisi arteri jantung pasien dan memperhatikan berbagai hal. Semua itu perlu diperiksa untuk mengetahui tingkat keberhasilan tindakan.

Pengertian Angioplasti

Angioplasti merupakan salah satu tindakan medis non bedah yang termasuk PCI (Percutaneous Coronary Intervention) atau intervensi koroner perkutan. Tindakan medis ini diperlukan untuk mengatasi masalah pada arteri koroner. Tindakan ini bertujuan membuka arteri koroner atau arteri yang ada pada jantung yang bermasalah yaitu berupa sempit atau tersumbat agar kembali normal.

Prosedur Angioplasti

Setiap tindakan medis tentu mempunyai manfaat dan risikonya tersendiri. Untuk melakukan tindakan medis non bedah ini, dokter juga mempunyai berbagai tindakan pemeriksaan dan memastikan berbagai hal lainnya sesuai prosedur.

Jika memang harus dilakukan dan dimungkinkan berhasil, angioplasti kemudian dilakukan dengan membuka pembuluh darah arteri koroner yang berfungsi menyuplai darah ke jantung. Tindakan ini dilakukan untuk menangani penderita serangan jantung atau sebelumnya sudah mengalami gangguan.

Sesuai prosedur, tindakan ini dilakukan di bawah pengaruh obat bius lokal. Pertama, selangkangan akan disayat, kemudian dimasukkan kateter dengan balon tiup kecil pada ujungnya ke dalam arteri jantung. Dokter akan menaikkan kateter sampai ke arteri jantung yang tersumbat. Setelah sampai pada posisinya, balon akan dipompa guna melebarkan arteri.

Dengan demikian, plak yang terbentuk akibat lemak dan menyebabkan penyumbatan akan didorong keluar agar aliran darah di jantung lancar kembali. Dalam beberapa kasus, terdapat tindakan khusus berupa pemasangan stent.

Stent ini berupa jala baja yang tahan karat dan berfungsi menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka serta tetap ada di posisi semula usai balon dikempiskan dan diambil. Setelah balon keluar, kateter juga bisa diambil. Keseluruhan prosedur ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 1,5 jam.

Manfaat Melakukan Angioplasti

Tindakan angioplasti yang berfungsi untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan arteri jantung ini tentu berkaitan dengan berbagai manfaat lainnya. Tindakan medis ini dapat dilakukan untuk mengatasi pasien serangan jantung dan pasien yang sudah mengeluhkan gejala pada arteri jantung.

Saat sudah kronis dengan mengalami serangan jantung, tindakan ini sangat menyelamatkan banyak nyawa. Kasus pada arteri jantung dapat diatasi dan kembali normal dengan metode efisien ini. Aliran darah semakin normal dan kerusakan pada otot jantung dapat berangsur sembuh.

Hal tersebut mendukung penyembuhan penderita sakit jantung karena persoalan di arteri jantung. Serangan jantung yang mengkhawatirkan tidak akan terjadi lagi. Nyeri yang terasa di dada juga akan mencegah kambuhnya napas pendek serta gejala lain yang berkaitan dengan kurangnya aliran darah ke otot jantung.

Dengan penanganan tepat seperti ini, pasien dapat segera membaik. Fungsi tubuh akan kembali normal karena aliran darah ke seluruh tubuh juga sudah terpenuhi dengan baik. Setiap kerja organ tubuh akan terlaksana sesuai fungsinya, tanpa gejala yang menandakan adanya ketidaknormalan kondisi jantung. Harapan hidup penderita dapat direalisasikan dengan melakukan tindakan ini.

Itulah penjelasan mengenai angioplasti beserta dengan prosedur lengkap dan manfaat dari tindakan itu sendiri. Kondisi arteri jantung yang bermasalah dapat segera diatasi dengan melakukan tindakan medis ini. Persoalan dapat diatasi secara efektif sebelum semakin parah dan justru menyebabkan nyawa tidak tertolong lagi. Segera periksakan jika ada serangan jantung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *