Badan Tetap Kurus Meski Sudah Berolahraga? Bisa Jadi Dipengaruhi Faktor Berikut!

Bukan hanya wanita, setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Artinya, berat badannya sesuai dengan tinggi badan yang dimilikinya. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih enak untuk dipandang. Begitupula dengan fashion yang dipakai juga lebih mudah diperoleh. Tak heran, berbagai upaya dilakukan oleh pria maupun wanita demi mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal, salah satunya dengan rajin berolahraga.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya pada diri sendiri, meskipun sudah rutin berolahraga, badan tetap saja tidak mengecil sama sekali. Padahal, tak hanya olahraga, melainkan juga disertai diet teratur. Rupanya, hal ini bukan karena susah kuruskan badan dari gemuk ke kurus, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

Stres

Jika Anda berniat mengubah penampilan dari gemuk ke kurus, maka jangan barengi dengan aktivitas stress. Tahukah Anda, ketika seseorang mengalami stres, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak dari biasanya. Hormon kortisol ini berguna untuk memetabolisme lemak dan memicu pelepasan hormon insulin. Disisi lain, peningkatan hormon kortisol ini mengakibatkan pengendapan lemak khususnya di area perut. Jadi, usahakan untuk menghindari stress jika tidak ingin lemak menumpuk di perut ya!

Kurang Tidur

Meskipun memang susah kuruskan badan, bukan berarti Anda tidak mungkin memiliki badan yang lebih ideal. Dengan catatan, aturlah pola tidur yang disertai dengan olahraga yang rutin. Lalu, bagaimana dampak apabila waktu tidur Anda masih kurang? Bukannya membantu proses diet, melainkan menyebabkan berat badan tidak berkurang.

Ketahuilah, kekurangan waktu tidur dapat mengakibatkan berat badan naik hingga satu kilogram dalam kurun waktu satu minggu. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketika seseorang memiliki waktu tidur yang kurang, maka akan memperlambat proses metabolisme. Hal ini memicu laju kalori yang terbakar menjadi lebih sedikit. Jauh berbeda pada orang yang memiliki waktu tidur yang cukup. Dapat dibayangkan bukan, ketika kurang tidur berlangsung dalam waktu yang lama, seberapa lemak yang akan tertumpuk pada tubuh Anda?

Duduk Terlalu Lama

Apakah Anda termasuk seseorang yang memiliki aktivitas seharian duduk di atas kursi? Jika iya, berhati-hatilah karena duduk yang terlalu lama dapat mengakibatkan peredaran glukosa di area perut tidak lancar. Begitupula pada area pinggang dan pantat. Tak heran, banyak pekerja kantoran yang duduk seharian di kantor memiliki bentuk tubuh menyerupai pir. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengubah kebiasaan duduk seharian dengan sesekali jalan kaki selama 5 menit setiap 2 jam sekali. Dengan demikian, penumpukan lemak dapat dihindari dan sirkulasi glukosa menjadi lebih lancar.

Salah Melakukan Latihan

Kebanyakan orang akan berfokus untuk melakukan latihan pada otot perut untuk mengurangi lemak pada bagian tersebut seperti sit up, plank, dan crunch. Padahal, menurunkan berat badan berarti Anda harus berfokus pada seluruh bagian otot tubuh, tidak hanya pada bagian perut saja. Untuk itu, sembari melakukan latihan otot perut, imbangi pula dengan latihan beban dan kardio. Latihan kardio ini berguna untuk mempercepat proses metabolisme sehingga lemak yang terbakar lebih banyak. Disamping itu, latihan beban dapat mengurangi berat badan, mempertahan massa otot, hingga meningkatkan komposisi tubuh.

Nah, itulah beberapa cara kuruskan badan dari gemuk ke kurus yang perlu Anda terapkan. Jadi, jangan anggap susah kuruskan badan jika belum mencoba keseluruhan cara yang tepat di atas ya! Pastikan pula, sistem pencernaan Anda lancar dan kadar hormon tubuh seimbang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *