Aneka Resep MPASI 6 Bulan Puer Buah yang Bisa Diberikan

Untuk bayi yang masih berusia 6 bulan, pemberian MPASI memang harus dilakukan. Hanya saja, jenis MPASI yang diberikan tidak boleh sembarangan. Tekstur dan gizinya harus diperhatikan. Untuk awal, Anda bisa membuat makanan dari resep MPASI 6 bulan untuk diberikan pada buah hati Anda yang dibuat dari buah. Seperti apa cara buatnya?

Resep Pure Buah Alpukat

Salah satu buah yang bisa Anda gunakan untuk membuat MPASI untuk bayi 6 bulan adalah alpukat. Alpukat dipilih karena kandungan gizi di dalamnya yang bisa mencukupi kebutuhan bayi Anda. Namun, baiknya Anda membuatnya untuk satu kali makan saja, ya! Jangan banyak-banyak karena kandungan gizinya bisa hilang.

Bahan

  • 50 gram buah alpukat
  • 25 ml ASI perah atau susu formula

Cara Membuat

  1. Cuci buah alpukat lalu belah menjadi dua bagian.
  2. Buang bagian bijinya dan ambil dagingnya menggunakan sendok. Setelah itu, potong atau haluskan daging buah alpukat menggunakan bantuan sendok.
  3. Bila daging buah alpukat belum terlalu lembek, maka Anda bisa menghaluskannya dengan cara diblender.
  4. Tambahkan ASI perah atau susu formula. Pure alpukat siap diberikan pada buah hati Anda.

Resep Pure Pear

Setelah resep MPASI 6 bulan dari buah alpukat, Anda juga bisa membuat MPASI untuk bayi berusia 6 bulan dengan buah pear. Buah ini mengandung banyak vitamin A, C dan asam folat dan banyak juga mineral di dalamnya yang bagus untuk pertumbuhan buah hati.

Bahan:

  • 50 gram buah pear
  • ASI atau susu formula secukupnya

Cara Membuat

  1. Pilih pear yang sudah matang. Setelah itu, kupas kulit buah pear hingga bersih.
  2. Potong kecil-kecil lalu kukus sebentar untuk melunakkan teksturnya
  3. Kalau Anda menginginkan yang masih segar, sebenarnya juga tak masalah. Kembali lagi pada selera Anda.
  4. Masukkan potongan pear yang sudah dikukus ke dalam food processor atau blender dan haluskan sampai benar-benar halus.
  5. Tambahkan ASI atau susu formula secukupnya untuk memperhalus tekstur buah pear. Setelah itu, Anda bisa menyajikannya pada si kecil
  6. Sekedar tambahan, untuk bayi yang sudah sering memakannya, Anda bisa menambahkan sereal atau campuran biskuit bayi di dalamnya untuk menambah citarasa.

Resep Pure Pepaya

Selain itu, Anda juga bisa memberikan buah pepaya kepada buah hati yang baru belajar memakan MPASI. Buah pepaya sama halnya dengan alpukat dan pear, mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan si kecil. Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut!

Bahan

  • 5 gram buah pepaya yang sudah matang
  • 3 sdm ASI atau susu formula

Langkah Membuat

  1. Kupas buah pepaya dan cuci bersih setelahnya. Kemudian, lanjutkan dengan memotong-motongnya hingga ukuran yang pas untuk dimasukkan dalam blender atau food processor.
  2. Haluskan buah pepaya tersebut di dalam blender atau food processor sampai benar-benar halus
  3. Tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan ASI perah atau susu formula yang sudah disediakan
  4. Bubur bayi dari buah pepaya siap diberikan.

Itulah beberapa resep MPASI 6 bulan dari buah yang bisa diberikan pada si kecil. Untuk anak yang baru mau mencicipi menu MPASI-nya, baiknya berikan mereka yang teksturnya sangat lembut. Kalau takaran di atas ternyata masih membuat bubur padat, maka Anda bisa menambahkan susu formula yang sudah diberi air atau ASI perah lebih banyak, ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *