7 Cara Efektif Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak

Proses tumbuh kembang sang buah hati tentunya menjadi hal yang selalu diperhatikan setiap orang tua sejak anak baru lahir. Terlebih lagi ada banyak hal yang akan mempengaruhi proses tersebut. Hal ini membuat semua orang tua harus cermat memperhatikan semua hal yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak. Nah berikut cara memaksimalkan tumbuh kembang si kecil.

  1. Lengkapi Kebutuhan Gizi Si Kecil Sejak dalam Kandungan

Tanpa disadari ternyata tumbuh kembang snag buah hati harus diperhatikan sejak berada dalam kandungan lo. Terlebih lagi janin cenderung membutuhkan pemenuhan gizi seimbang untuk membantu tumbuh kembangnya agar berjalan lebih maksimal. Tak hanya itu saja, berbagai stimulasi sederhana juga ikut berpengaruh. Contohnya seperti saling berinteraksi dengan janin.

  1. Jalin Komunikasi yang Efektif Sejak Anak Lahir

Meski seorang bayi cenderung belum bisa menanggapi komunikasi orang di sekitarnya. Namun tahukah Anda bahwa dengan menjalin komunikasi yang teratur sejak dalam kandungan juga ikut berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Pasalnya dengan berkomunikasi otak sang buah hati akan terstimulasi. Untuk itu pastikan Anda selalu menjalin komunikasi dengan sang buah hati.

  1. Memenuhi Setiap Kebutuhan Gizi Harian Sang Buah Hati

Jika si kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI, maka pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan gizinya dengan varian makanan yang beragam. Pasalnya pada usia balita si kecil cenderung lebih mudah mengenali cita rasa dan tekstur makanan yang Anda berikan. Memang ada beberapa makanan yang tidak disukai si kecil, namun pastikan Anda selalu memenuhi asupan gizinya.

  1. Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Tetap Baik

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar tumbuh kembang anak berjalan lebih efektif adalah selalu menjaga daya tahan tubuh anak tetap dalam kondisi yang baik. Pasalnya ada beberapa penelitian menyatakan bahwa tumbuh kembang snag buah hati akan mulai berhenti ketika si kecil mengidap flu. Meski terkesan sangat sepele, namun pastikan Anda tidak mengabaikannya.

Upaya yang satu ini bisa Anda lakukan dengan selalu memenuhi kebutuhan gizi harian sang buah hati. Terlebih lagi, di samping hal ini sang buah hati juga harus selalu melakukan aktivitas fisik yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi organ dalam tubuh sang buah hati,

  1. Mengatur Intensitas Penggunaan Smartphone untuk Anak

Memperkenalkan sang buah hati dengan berbagai teknologi memang merupakan upaya yang baik. Namun Anda juga tetap harus memperhatikan intensitasnya agar si kecil tidak kecanduan. Terlebih lagi ketergantungan anak pada smartphone dapat membuat si kecil mengalami risiko keterlambatan bicara dan gangguan komunikasi dengan orang lain. Jadi hati-hati ya.

  1. Biarkan Anak Berinteraksi dengan Teman Sebaya

Aktivitas bermain dengan teman sebaya ternyata juga memiliki peranan yang sangat penting terhadap tumbuh kembang snag buah hati. Pasalnya hal ini akan membantu mereka untuk berinteraksi, berkomunikasi, mengekspresikan diri, hingga menujukkan rasa empati. Untuk itu biarkan si kecil berinteraksi dengan teman sebayanya dan mengenali lingkungan luar.

  1. Si Kecil Butuh Momen Intim Bersama Orang Tua

Ternyata semua anak-anak membutuhkan momen intim bersama orang tua yang satu gender dengannya. Pasalnya tumbuh kembang sang buah hati juga mencakup pemahaman menyeluruh mengenai perbedaan gender. Terlebih lagi pemahaman yang satu ini juga akan membantu si kecil memahami ketika harus berinteraksi dengan orang lain yang satu gender maupun lawan jenis.

Menjadi orang tua yang baik tentunya merupakan impian setiap orang tua. Untuk itu, upaya di atas juga bisa Anda lakukan demi memaksimalkan tumbuh kembang anak. Selain itu, pastikan Anda selalu terbuka dengan perkembangan zaman yang ada. Pastikan rawat si kecil dengan baik agar tumbuh kembangnya berjalan lebih maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *