3 Solusi Permasalahan Cicilan Kredit

Punya mobil saat ini bukan lagi hal yang sulit. Sebab dengan adanya cicilan mobil Mitsubishi terpercaya Anda bisa memiliki mobil impian dengan pembayaran yang ringan, yaitu sistem mencicil. Jadi, Anda tidak harus mengumpulkan uang hingga ratusan juta terlebih dahulu untuk membeli mobil yang diinginkan. 

Namun, tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Ketika suatu hal terjadi dan menyebabkan Anda mengalami masalah keuangan hingga kesulitan membayar cicilan, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

 

  • Restrukturisasi Kredit

 

Restrukturisasi kredit adalah kebijakan untuk mengatur ulang kredit yang dimiliki oleh debitur yang berpotensi mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajibannya membayar cicilan. Beberapa hal yang dilakukan yaitu dengan mengubah beberapa hal berikut:

  • Suku bunga cicilan
  • Tenor pinjaman
  • Pokok pinjaman
  • Tunggakan pinjaman

Berbagai cara tersebut dilakukan dengan harapan agar debitur mampu melunasi pinjamannya. Namun untuk pihak debitur yang bisa mendapatkan fasilitas tersebut atau pengubahan apa yang dilakukan dalam restrukturisasi kredit bergantung pada kebijakan perusahaan pembiayaan.

  1. Over kredit

Ini merupakan cara yang banyak dilakukan oleh debitur saat mengalami kesulitan keuangan dan tidak lagi mampu membayar cicilan. Over kredit artinya menjual barang yang masih dalam masa kredit dan memindahkan tanggung jawab pembayaran cicilan kepada pemilik barunya. Over kredit yang dilakukan secara legal harus melalui proses resmi dan sepengetahuan dari pihak perusahaan pembiayaan. Namun saat ini, banyak yang melakukan over kredit tanpa diketahui oleh perusahaan pembiayaan. Hanya berdasarkan perjanjian dari debitur dengan calon pembeli saja.

 

  • Refinancing kredit

 

Cara ini boleh dilakukan tetapi sebaiknya menjadi cara terakhir karena cukup berisiko. Sebab, refinancing kredit adalah membuka sebuah pinjaman baru untuk menutup pinjaman yang lama. Artinya, Anda membayar pinjaman dengan pinjaman juga. Namun, jika Anda cukup cermat cara ini bisa menguntungkan dan membantu Anda melunasi hutang lebih cepat. Sebab, dengan membuka pinjaman baru Anda bisa berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan bunga lebih rendah, tenor lebih panjang, dan sebagainya.

Dengan 3 solusi pembayaran kredit di atas, Anda tidak perlu lagi khawatir saat mengajukan kredit. Namun, jangan sampai membuat Anda jadi seenaknya dalam mengajukan kredit ya. Tetap sesuaikan dengan kemampuan bayar Anda agar masalah pelunasan hutang tidak terganggu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *