3 Cara Memilih Deterjen Untuk Kulit Bayi yang Sensitif

Ketika Anda menjadi seorang Ibu, pasti banyak hal yang ingin Anda tanyakan seputar bayi. Salah satunya adalah bagaimana cara kita merawat kulit bayi dengan baik dan benar. Beberapa bayi memiliki kulit yang sensitif, beberapa bahkan mendapat penyakit seperti eksim atau dermatitis atopik, ini adalah kondisi dimana kulit bayi menjadi sangat sensitif terhadap sekitarnya. 

Lalu, apakah mencuci pakaian anak dengan deterjen pakaian bayi diharuskan? Ini kembali lagi pada kondisi kulit masing-masing bayi. Tiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda, ada yang memiliki kulit normal, ada juga yang memiliki kulit sangat sensitif.

Memilih deterjen yang cocok untuk kulit bayi

  1. Cek kondisi kulit bayi

Bila Anda ingin mengetahui apakah kulit bayi Anda sensitif atau tidak bila menggunakan deterjen biasa, mulai dengan mencuci 1 sampai dengan 2 pasang baju dengan deterjen tersebut. Apabila muncul reaksi alergi pada kulit bayi Anda saat mengenakan pakaian yang telah dicuci dengan deterjen tersebut, berarti ada kemungkinan bayi Anda memiliki kulit sensitif.

  1. Deterjen bubuk atau Deterjen cair

Saat dibuat bingung oleh kedua pilihan ini, deterjen cair adalah jawaban yang tepat saat Anda memilih deterjen yang tepat untuk bayi. Deterjen bubuk cenderung sering meninggalkan bekas bubuk yang dikhawatirkan akan terhirup oleh bayi. Selain itu sisa bubuk di pakaian ini juga ditakutkan membuat kulit menjadi iritasi. 

  1. Bahan-bahan yang aman

Deterjen pakaian bayi mungkin tidak memiliki kandungan-kandungan umum yang ada pada deterjen biasa. Itulah mengapa deterjen bayi bisa dipastikan sangat aman untuk kulit bayi. Kebanyakan deterjen pakaian bayi tidak mengandung pewangi, pencerah atau pemutih yang dapat mengiritasi kulit bayi. 

Ada baiknya Anda selalu memperhatikan kulit bayi Anda apakah memiliki kulit yang sensitif atau tidak. Apabila tidak memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa menggunakan deterjen yang biasa Anda gunakan sehari-hari, tetapi mencuci pakaian bayi tetap harus terpisah dengan pakaian Anda. Apabila bayi Anda memiliki kulit yang sensitif, tentu Anda memilih deterjen cari terbaik untuk pakaian bayi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *