Tips Supaya Anak Tidak Mudah Sakit di Bulan Puasa

Tahun ini bulan puasa jatuh pada musim pancaroba.Kondisi cuaca tidak menentu, terkadang panas dan tiba-tiba hujan deras.Kondisi ini membuat anak mudah sakit.Jika anak sakit, bisa menganggu aktivitas belajar puasanya.Oleh karena itu, bunda harus bisa menjaga kondisi daya tahan tubuh anda.Sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri dan virus. Ada banyak tips parenting untuk menjaga kondisi anak tidak mudah sakit selama bulan puasanya, diantaranya berikut ini:

Aktif Bergerak

Walaupun sedang puasa, jangan biarkan anak kurang bergerak. Hanya nonton tv di rumah atau bermain gadget. Ajak anak untuk beraktivitas fisik.Tidak perlu aktivitas yang berat.Cukup aktivitas ringan, sehingga daya tahan tubuh tetap baik.Ajak anak berjalan-jalan di sekitar rumah atau bermain hal yang seru bersama bunda dan ayah.

Pemberian Antibiotik Yang Salah

Banyak orang tua, yang tidak tahu cara memberikan antibiotik yang benar. Ketika anak sakit atau masih gejala, langsung diberi antibiotik.Padahal pemberian antibiotik yang salah, dapat membuat daya tahan tubuh anak menurun.Anak menjadi lebih rentan terhadap berbagai macam virus dan bakteri.Perlu bunda tahu bahwa tidak semua penyakit harus diberi antibiotik.Apalagi bunda tidak memberikan antibiotik sampai habis.Ketika bunda diberi antibiotik oleh dokter, pastikan selalu habis selama 3 hari. Ini akan membuat daya tahan tubuh anak tetap baik. Lakukan konsultasi ke dokter, sebelum memberikan anak antibiotik.

Konsumsi Makanan Bergizi

Anak yang sedang belajar puasa, akan cepat merasa lemas. Walaupun masih puasa setengah hari.Oleh karena itu bunda harus memberikan makanan yang bergizi.Pada saat sahur dan buka, perbanyak konsumsi sayur dan buah.Berikan tenaga buat anak dengan makanan yang bernutrisi.Anda bisa menambahkan multivitamin, sehingga daya tahan tubuh anak tetap terjaga. Anda juga bisa menambahkan konsumsi susu yang mengandung nutrisi tinggi. Tips parenting ini yang harus diperhatikan oleh semua orang tua.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup bisa membuat tubuh lebih fresh.Apalagi selama bulan puasa, anak-anak harus dipaksakan untuk bangun sahur.Perhatikan istirahat anak dengan baik.Malam hari, jangan biarkan anak tidur sampai larut malam.Sehingga pagi harinya bisa bangun.Siang harinya, biarkan anak tidur siang. Sehingga tubuh tetap segar dan tidak mudah sakit.

Dengan melakukan tips parenting diatas, anda bisa mengajarkan anak puasa tanpa takut terkena sakit. Bila anak sudah tidak kuat berpuasa atau memberikan tanda badan kurang fit. Bunda bisa membiarkan anak untuk makan.Tetapi jangan terlalu sering dibiarkan terus menerus.Sehingga anak masih tetap belajar berpuasa.Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi bermanfaat untuk bunda.

Deskripsi: tips parenting supaya anak tidak mudah sakit pada saat puasa, harus dilakukan dengan baik. Perhatikan daya tahan anak supaya tetap baik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *