Saat si kecil sudah dirasa cukup besar, maka pemakaian diaper bisa segera diakhiri. Anak bisa diajarkan untuk buang air di toilet seperti orang dewasa lainnya. Orangtua tentu harus menerapkan cara potty training yang tepat dan efektif agar si kecil bisa lepas diaper dengan lancar.

Trik Potty Training

Anak perlu dibimbing agar bisa menggunakan toilet dengan baik dan benar. Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan para orangtua saat melakukan potty training pada sang buah hati.

1.     Tentukan Waktu yang Tepat

Hal pertama yang harus orangtua lakukan adalah menentukan waktu yang tepat. Ketahui kapan waktu yang tepat bagi si kecil untuk menjalani potty training. Jika anak sudah mulai bisa mengutarakan keinginan dan risih memakai diaper, maka potty training bisa segera dilakukan.

2.     Berikan Contoh

Orangtua perlu memberikan contoh langsung kepada anak mengenai penggunaan toilet. Ajak anak langsung melihat seperti apa prosedur buang air yang tepat di toilet. Ajarkan juga anak untuk melepas celananya sendiri sebagai salah satu langkah saat ingin buang air.

3.     Sediakan Alat Bantu

Anak mungkin masih kesulitan untuk menggunakan toilet orang dewasa. Anda bisa mempermudah anak dengan menyediakan alat bantu yang memadai. Contohnya dengan menyediakan dudukan toilet khusus bagi bayi.

4.     Buatlah Menyenangkan

Salah satu cara potty training yang efektif adalah dengan menciptakan suasana menyenangkan. Waktu buang air seharusnya menjadi saat yang menyenangkan bagi si kecil. Ajak si kecil bernyanyi atau mengobrol sambil buang air.

5.     Berikan Apresiasi

Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi setiap kali si kecil berhasil buang air kecil sendiri di toilet. Berikan pujian dan usap kepala anak agar ia merasa senang. Ini akan membuat si kecil merasa bahwa buang air di toilet adalah hal yang benar dan membuat dirinya bangga.

Itulah 5 cara potty training efektif yang dapat diterapkan oleh orangtua. Dibutuhkan kesabaran dan konsistensi agar potty training ini bisa berhasil. Anda harus bersabar agar si kecil bisa terbiasa dan benar-benar bisa buang air sendiri secara mandiri.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *